MENSTRUASI Apakah Boleh PIJAT

Posted on: Agustus 14, 2020, by :

MenstruasiDi Saat lagi PMS apakah Pijat Menstruasi  dibolehkan untuk mengurangi stress dan Pegal?

Menstruasi adalah suatu proses keluarnya darah dari vagina yang disebabkan oleh luruhnya penebalan dinding rahim yang tidak terjadi pembuahan. Saat menstruasi, biasanya akan disertai dengan kram perut yang dapat berlangsung 1-3 hari sebelum menstruasi hingga 24 jam setelah menstruasi.

Selain itu, Juga seringkali disertai dengan nyeri pada punggung bagian bawah, Pinggang dan Panggul serta sakit kepala.

Saat badan terasa pegal, rasanya pijat merupakan salah satu hal yang paling menyenangkan untuk dilakukan. Bagi Para Wanita yang akan memasuki masa menstruasi atau menstruasi khususnya, tak jarang badan akan terasa sakit maupun pegal. Dengan Pijat diharapkan dapat merilekskan otot yang tegang dan mengurangi rasa sakit.

Namun apakah sebenarnya pijat saat menstruasi diperbolehkan? Ataukah malah berbahaya?

Hindari diPijat Bagian Perut

Saat Moms ingin terapi pijat saat sedang haid, sebaiknya dilakukan oleh terapis pijat professional agar hasil yang didapat juga optimal.

Terapis Pijat Professional tentunya akan memahami bagian mana saja yang harus maupun tak boleh dipijat. Terapis Profesional Biasanya telah melewati Pelatihan secara khusus seperti Para Terapis Solusispa. Bagian tertentu dari tubuh misalnya pijatan pada bagian perut, sebaiknya dihindari guna mencegah terjadinya cedera pada organ dalam.

Perlu diingat! Organ dalam perut tak sama seperti organ lain yang dilindungi oleh tulang rangka. Organ perut hanya dilindungi oleh otot perut, sehingga pijatan sekalipun berpotensi untuk mencederai organ perut tersebut.

 

Manfaat Pijat Saat Menstruasi

Meski ada beberapa bagian yang harus dihindarkan saat melakukan pijat ketika datang bulan, bukan berarti pijatan saat datang bulan menjadi tak boleh dilakukan. Tetap sah saja dilakukan, Bahkan dapat memberikan beberapa manfaat seperti:

  1. Melancarkan Menstruasi

Saat haid Moms dirasa tak normal, hal pertama yang Moms lakukan tentunya adalah berkonsultasi dengan dokter. Selain itu, Moms juga dapat melakukan pijatan dengan mudah di titik yang tepat.

Tahukah Moms? Titik saraf reproduksi terletak pada telapak tangan dan kaki. Dengan demikian, Moms bisa lakukan pijatan mudah pada punggung tangan, tepatnya di tulang pergelangan yang mempunyai lebar sama juga dengan besar dengan jari telunjuk Moms.

  1. Mengatasi Pegal-pegal

Pijatan secara menyuruh akan membantu Moms untuk mengatasi pegal yang biasa Moms alami saat memasuki periode menstruasi maupun saat menstruasi. Bagian tubuh yang terasa pegal dapat dipijat dengan ringan sehingga menjadi tidak kaku dan terasa nyaman.

Terdapat beberapa jenis pijatan, akan tetapi yang paling sering digunakan untuk mengatasi masalah menstruasi adalah pijat refleksi atau Reflexology. Hal ini dikarenakan adanya jalur syaraf yang terhubung sehingga memberikan stimulan kepada organ tubuh.

  1. Mengurangi Sakit Pinggang

Sakit disekitar pinggang rasanya telah menjadi bagian pada masa PMS maupun sedang menstruasi.

Guna mengurangi pegal tersebut, Moms dapat memijat tulang yang ada pada pergelangan kaki sisi terluar mengarah ke sisi dalam. Hal ini tepat untuk Moms lakukan saat sedang PMS, agar gejala-gejala PMS yang biasanya menggangu hari Moms dapat berkurang.

  1. Menghindarkan Stres Saat PMS

Pijat memang terbukti dapat mengurangi rasa stress hingga rasa sakit yang disebabkan oleh padatnya aktivitas sehari-hari.

Lakukanlah pijatan-pijatan ringan sekitar 30 menit di pagi hari, akan sangat membantu untuk membuat badan Moms menjadi lebih fresh, mudah berkonsentrasi hingga mendapatkan tidur yang nyeyak di malam hari

Selain itu, Anda dapat mencoba Hal-hal berikut untuk mengatasi Kram perut dan rasa tidak nyaman selama Menstruasi:

  • Berendam air hangat
  • Kompres air Hangat pada area yang diinginkan
  • Olahraga ringan
  • Banyak Minum Air Putih. Sumber Alodokter.com

Ig Solusispa : http://Instagram.com/solusispa

error

Enjoy our service? Please spread the word :)

WhatsApp chat